Selasa, 08 September 2015

PERBEDAAN JARINGAN LAN DAN WAN


Perbedaan Jaringan WAN dan LAN ada bebrapa jenis jaringan komputer, tetapi yang paling populer adalah internet, LAN dan WAN. Sebagian besar masyarakat awam mungkin telah mengenal internet, bagaimana jaringan WAN dan LAN? Meski termasuk kategori jaringan komputer, ada perbedaan WAN dan LAN yang wajib diketahui, karna masyarakat awam punya pemahaman yang salah tentang keduanya.


Jaringan LAN

Local Area Network atau LAN merupakan jaringan komputer dengan cakupan wilayah kecil. Komputer yang berada dikantor, sekolah, gedung dan kampus saling mengandalkan agar saling terhubung ke server pusat.

Teknologi LAN berkembang dengan cepat, saat ini mengusung teknologi IEEE 802.3 Ethernet dengan dukungan perangkat switch. Kecepatan transfer data pun berbeda-beda, mulai 10, 100 hingga 100 Mbit/s.

Perbedaan LAN dan WAN terletak pada 3 karakteristik utama, yakn:

1. Kemampuan transfer data LAN lebih tinggi.
2. Cakupan area wilalyah LAN lebih sempit dan kecil.
3. Jaringan LAN tak butuh jalur telekomunikasi yang dapat langsung disewa dari operator  telekomunikasi tertntu.  

Setiap komputer yang terhubung dengan jaringan LAN memiliki daya komputasi sendiri. Masing-masing komputer punya hak aksesyang telah ditentukan untuk menggapaisumber daya atau server.

Sumber daya yang dimaksud berupa perangkat, contohnya printer atau scanner. Pengguna komputer jaringan LAN bisa saling berkomunikasi satu sama lain memakai aplikasi tertentu yang telah disesuaikan.

Jaringan WAN 

Wide Area Network atau WAN merupakan jaringan komputer dengan cakupan wilayah yang lebih luas. Jadi, komputer saling terhubung dalam cakupan luas dan kompleks, entah itu antar wilayah, kota, provinsi, hingga negara.

Teknologi LAN dianggap sebagai penyatu beragam jaringan LAN agar saling terhubung dalam satu sever yang memanfaatkan jaringan telekomunikasi milik operator telekomunikasi.

Adapun perbedaan LAN dan WAN terletak pada 3 karakteristik utama, yakni :

1. Transfer kecepatan data WAN tergantung layanan yang ditawarkan operator telekomunikasi.
2. Cakupan area silayah WAN lebih luas dan kompleks karna menyatukan beberapa jaringan LAN kedalam satu server.
3. Membangun jaringan WAN membutuhkan jaringan telekomunikasi yang disediakan oleh operator telekomunikasi tertentu. Jaringan WAN sangat diandalkan oleh perusahaan-perusahaan besar, perbankan departemen negara dan BUMN. Pembangunan jaringan lebih kompleks dan sukar, sehingga langsung ooeh tenaga ahli berpengalaman.

Kesimpulan Perbedaan Jaringan LAN dan WAN
Secara sederhana, perbedaan LAN dan WAN terletak pada cakupan wilayah akses. Wiayah akses LAn lebih sempit, sedangkan wilayah akses WAN lebih luas karna mengandalkan layanan operator telekomunikasi tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar