Sabtu, 12 September 2015

MACAM-MACAM LAYANAN INTERNET BESERTA FUNGSINYA

Macam-macam Layanan Internet Beserta Fungsinya. . . Dengan menggunakan internet sebagai alat mencari informasi dan sarana komunikasi, kamu akan semakin merasakan bahwa dengan menggunakan internet komunikasi tidak ada batasan ruang dan waktu. Kamu bisa berkomunikasi dengan warga negara lain hanya dalam beberapa detik saja. Manfaat lainnya, kamu bisa menyelesaikan berbagai tugas sekolah dengan internet sebagai sumber informasinya dan masih banyak lagi manfaat pelayanan lagi yang diberikan oleh internet. Program aplikasi internet sebagai bentuk pelayanannya berjalan diprotokol tertentu. Protokol disini, artinya satu set aturan yang mengatur bagaimana sebuah aplikasi berkomunikasi dalam suatu jaringan.
Berikiut adalah beberapa pelayanan yang umumnya digunakan oleh para pemakai internet, antara lain: WWW (World Wide Web), e-mail, chatting, search engine, blig, dan lainnya, seperti: Bulletin Board Service (BBS), USENET, File Transfer Protokol (FTP), telnet, Internet Telephony, dan Internet Fax.

A. WWW (WORLD WIDE WEB)
Pada saat ini WWW atau sering disebut web saja adalah pelayanan yang paling populer. Web menyajikan informasi dalam bentuk teks, gambar, suara, dan lain-lain. Bedasarkan konsep hypertext yang tersimpan dalam internet webserver, artinya dokumen-dokumen diweb dapat memiliki link atau sambungan dengan dokumen lain baik dari web server yang sama maupun dari web server lain. Dengan link ini, tentu sangat memudahkan kita untuk berpindah dari satu halaman ke halaman lain atau dari satu sever ke server lainnya hanya dengan cara mengklik saja. Dapat kamu bayangkan seberapa banyak informasi yang akan kamu dapatkan?  tentu tidak terbatas. Selanjutnya, konsep hypertext dikembangkan menjadi hypermedia yaitu sutu teks tidak hanya dikaitkan suatu teks dokumen lain, tetapi juga dengan gambar, suara, video, animasi, dan multimedia lainnya.
Seiring dengan berkembangya internet diseluruh dinia jumlah situs web yang bisa diakses sudah mencapai miliyaran halaman web. Untuk lebih memudahkan pencarian informasi dari situs web tersebut  sekarang disediakan fasilitas yang disebut search engine. Kegiatan pencarian atau penjelajahan situs web disebut browsing atau surfing.

B. E-MAIL
 E-mail atau electronic mail adalah layanan internet untuk mengirimkan surat dengan media elektronik. Dengan fasilitas ini kita bisa berkirim surat dalam bentuk teks hanya dengan beberapa detik saja. Pengirim cukup memasukkan alamat yang dituju tanpa harus memakai prangko ataupun pergi ke kantor pos. Syaratnya pengirim dan penerima harus sama-sama memiliki alamat email.
Fasilitas email menyediakan sebuah mailbox atau kotak surat yang tersimpan didalam mail server sehingga sewaktu-waktu kita bisa mengecek surat yang masuk, membalas surat menghapus ataupun mengeditnya. selain itu, layanan email memungkinkan kita untuk dapat mengirimkan lampiran teks atau gambar dalam bentuk file dengan perintah file attachment. Layanan email berbagi menjadi dua kelompok, yaitu email berbasis client dan email berbasis web. Email berbasis client mengharuskan penggunanya memiliki perangkat lunak email client seperti Eudora atau Outlook Express. Kita bisa membaca atau mengedit email dalam kondisi offline, artinya tidak terhubung dengan internet dan itu berarti kita bisa menghemat biaya. Koneksi hanya dilakukan pada saat pangiriman saja. Sementara email berbasis web, seluruh aktivitas pengguna email harus dilakukan melalui situs web dan itu berarti harus dalam keadaan online.

C. INTERNET RELAY CHAT (CAHTTING)
Selain berkirim surat, kita juga bisa berkomunikasi atau ngobrol langsung dengan teman atau siapapun dalam waktu yang bersamaan dengan layanan chatting. Kita tinggal menentukan tema yang diminati selanjutnya kita bergabung dengan mengetikkan apa saja yang ingin kita obrolkan dengan menggunakan keyboard. Orang melakukan cahtting disebut chatter. Chatting bisa dilakukan secara kelompok dalam suatu chatroom atau berdua saja dalam modus private. Semakin pesatnya perkembangan internet, aplikasi chat terus berkembang sehingga berkomunikasi tidak hanya daoat terjalin melalui tulisan atau suara saja, tetapi melalui gambar dan suara sekaligus (Video Conference).  Kegiatan chatting membutuhkan software yang disebut IRC Client seperti salah satu contohnya ialah software MIRC.

D. SEARCH ENGINE
Layanan search engine banyak digunakan oleh pengguna internet. Begitu banyak manfaat yang dirasakan oleh para pengguna internet. search engine atau mesin pencari, terdapat baik di suatu situs yang khusus maupun bagian dari situs tersebut. Layanan ini berfungsi untuk mencari informasi yang dibutuhkan para pengguna internet sesuai dengan kata kunci pencarian yang dimasukkan. Informasi yang dicari dapat bermacam-macam, mulai alamat situs web, alamat blog, berita, data, dan informasi lainnya, baik yang sudah lampau maupun informasi terkini. Dapat juga informasi yang dicari khusus berupa gambar atau foto. Biasanya untuk keperluan memenuhi tugas atau sebatas mencari tahu gambar yang dicarikan mudah dan cepat didapatkan. Beberapa situs yang menyediakan fasilitas ini, antara lain: Google, Altavista, Yahoo, Excite, Lycos, dan lain-lain. salah satu mesin pencari yang banyak digunakan ialah Google.

E. LAYANAN BLOG
Setelah berhasil kamu membuat email dan saling kirim email dengan teman, mungkin nanti kamu juga sering mencari informasi-informasi lain sesuai kebutuhan, yang tentunya berbagai informasi menarik akan kamu jumpai. Coba kamu perhatikan ketika berda disitus tertentu, mungkin disitus tersebut akan ada link dengan dengan situs lain yang mirip dengan nama seseorang. Situs tersebut dinamakan Blog yang artinya situs pribadi. Dengan membuat blog kita bisa menumpahkan semua ide, kreativitas, harapan, hobi, atau apapun sesuai keinginan kita. Sehingga tak heran jika akan menemukan berbagai jenis Blog, ada yang khusus memuat puisi, uneg-uneg sastra, khusus foto, artikel, hukum, lagu, film, filsafat, jurnalistik, dan masih banyak lagi. Blog juga sering dikatakan sebagai catatan harian pemiliknya. Hal ini disebabkan keleluasaan pemiliknya untuk mengisi blog tersebut sesuai kebutuhan sehingga setiap blog memiliki corak dan keunikan masing-masing.

Untuk membuat Blog sangatlah mudah, pertama-tama kita harus membuat akun dulu seperti kita membuat email. Sebaiknya kita daftar di domain gratis seperti di www.Blogger.com setelah selesai register sign up di Blogger.com, kita dapat mulai mengisi blog tersebut. Agar blog kita bisa dapat dimanfaatkan oleh pengguna internet atau pemilik blog lain, tentu kita harus bisa mempromosikan blog kita carana adalah :

1. Daftarkan ke berbagai direktori BLog, seperti http://materitik78.blogspot.com,  dan http://materiumum78.blogspot.com. Caranya ikuti seluruh petunjuk didirectory tersebut.
2. Saling tukar link dengan sesama pemilik Blog.
3. Berkunjung ke BLog lain.
4. Aktivitas posting yang rutin.
5. Selalu meluiskan alamat blog kita saat berkirim email.


source : http://materitik78.blogspot.com/2014/12/macam-macam-layanan-di-internet-beserta.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar